USE MULTIMODALITY IN TEACHING: READING IMAGES AND INTERPRETING THE VIDEO OF GARUDA AIRLINES ADVERTISEMENTS SPONSORED BY LIVERPOOL FOOTBALL CLUB

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rika Wahyuni Tambunan

Abstract

Artikel ini terutama memiliki tujuan utama memperkenalkan dan menguraikan multimodalitas sebagai 'prosedur analisis' yang digunakan untuk menganalisis teks yang menggunakan lebih dari satu mode semiotik, terutama yang menggunakan verbal dan gambar pada saat yang sama. Data dari penelitian ini adalah video Iklan Garuda Airlines yang Disponsori Oleh Liverpool Football Club dengan cara memotong setiap bagian dari video tersebut menjadi bentuk gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kress dan van Leeuwen yang berpendapat bahwa pesan yang dikirim dalam sebuah teks menggunakan dua mode semiotik yang berbeda secara bersamaan, verbal dan visual, harus dianalisis dengan alat analisis yang menggabungkan analisis verbal. Ini, bekerja sama untuk menggali pesan untuk memungkinkan kita interpretasi dan pemahaman pesan yang lebih baik. Hubungan antara verbal-visual juga dibahas dalam artikel ini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Halliday, M. A. K. (1994). An Introduction to Functional Grammar. London: Longman
  2. Kress, G. & Van Leeuwen, T. (1996). Reading Images: The Grammar of Visual Design. London: Routledge.
  3. Machin, D. (2007). Introduction to Multimodal Analysis. London: Hodder Arnold Publication.
  4. Martinec, R. & Salway, A. (2005). A system for image-text relations in new (and old) media,Visual Communication (3): 337-371.
  5. O’ Halloran, K.L. (2007). Systemic functional multimodal discourse analysis (SF_MDA) approach to mathematics, grammar and literacy. In Advances in Language and Education McCabe, A., O’Donnell, M. and Whittaker, R. (eds.), 77-102. London: continuum.
  6. Unsworth,L. (2006). Towards a metalanguage for multiliteracies education: Describing the meaning-making resources of language-image interaction. English Teaching: Practice and Critique 5 (1): 55-76
  7. Van Leeuwen, T. (2005). Introducing Social Semiotics. London and New York: Routledge.